Tugas Pokok Dan Fungsi

    PENJABARAN TUGAS POKOK, FUNGSI DAN TATA KERJA KEPALA DINAS, SEKRETARIS, KEPALA BIDANG,  KEPALA SUB BAGIAN, KEPALA SEKSI, KEPALA UPTD, DAN KEPALA SUB BAGIAN TATA USAHA UPTD DI LINGKUNGAN

    DINAS SOSIAL KABUPATEN TEGAL




    KEWENANGAN :

     

    1. Perumusan kebijakanurusan sosial yang mengacu pada kebijakan provinsi dan/atau nasional;

    2. Penyusunan perencanaan  urusan sosial;

    3. Penyelenggaraan koordinasi dan kerjasama urusan sosial;

    4. Seleksi dan kelengkapan bahan usulan untuk  penetapan akreditasi dan sertifikasi organisasi sosial;

    5. Pemberian bimbingan, monitoring, supervisi, konsultasi, dan fasilitasi urusan sosial;

    6. Identifikasi sasaranpenanganan masalah sosial;

    7. Penggalian, pengembangan  dan pendayagunaan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS);

    8. Pembinaan dan fasilitasi pelayanan sosial bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan yang mengalami resiko sosial;

    9. Penyediaan sarana dan prasarana pelayanan sosial;

    10. Pengusulan calon peserta Diklat dan pendidikan profesi pekerja sosial;

    11. Pengembangan jaringan sistem informasi kesejahteraan sosial;

    12. Penyiapan bahan kelengkapan usulan penganugerahan satya lencana kebaktian sosial, gelar Pahlawan Nasional dan Perintis Kemerdekaan, dan pemberian penghargaan di bidang sosial;

    13. Pelestarian nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan dan kejuangan serta nilai-nilai kesetiakawanan sosial;

    14. Pembangunan, perbaikan dan pemeliharaan Taman Makam Pahlawan di Kabupaten Tegal;

    15. Penanggungjawab penyelenggaraan Hari Pahlawan dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional;

    16. Penanganan korban bencana alam, non alam dan sosial;

    17. Pemberian rekomendasi izin pengumpulan uang atau barang;

    18. Pemberian rekomendasi, pengendalian dan pelaksanaan izin undian;

    19. Pemberian rekomendasi  pengangkatan anak;

    20. Pemberian rekomendasi perijinan Lembaga Kesejahteraan Sosial;

    21. Pemberian rekomendasi jaminan sosial bagi fakir miskin;

    22. Pelaksanaan, pengawasan dan pelaporan pelaksanaan urusan pemerintahan dan sosial;

    23. Menyelenggarakan kesekretariatan/ketatausahaan Dinas.




    1.    NAMA JABATAN      :    KEPALA  DINAS  SOSIAL

     

    A.    TUGAS DAN FUNGSI :

    Kepala Dinas Sosial mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan azas otonomi dan tugas pembantuan di bidang Bina Program, Rehabilitasi Sosial, Pemberdayaan Sosial, Asistensi dan Jaminan sosial.

    Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Dinas Sosial mempunyai fungsi :

    1. penyusunan dan penetapan perencanaan Dinas;

    2. perumusan kebijakan umum dan teknis operasional di bidang Bina Program, Rehabilitasi sosial, Pemberdayaan sosial, Asistensi dan Jaminan Sosial;

    3. penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang sosial;

    4. pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang sosial;

    5. pembinaan terhadap UPTD dan institusi di bidang sosial;

    6. pembinaan pengelolaan urusan ketatausahaan Dinas;

    7. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang sosial;

     

    B.     URAIAN TUGAS  :

    1. Menyusun dan menetapkan perencanaan kerja Dinas;

    2. Merumuskan kebijakan umum dan teknis operasional di bidang Bina Program, Rehabilitasi sosial, Pemberdayaan sosial, Asistensi dan Jaminan Sosial;

    3. Menyelenggarakan koordinasi dengan instansi/ lembaga terkait dalam penyelenggaraan tugas di bidang sosial;

    4. Membina dan memberikan dukungan atas penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang sosial;

    5. Membina pengelolaan kesekretariatan/ketatausahaan Dinas;

    6. Membina pengelolaan UPTD dan institusi di bidang sosial;

    7. Menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan bidang sosial dan menyajikan alternatif pemecahannya;

    8. Mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;

    9. Memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;

    10. Mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas di bidang sosial;

    11. Menyelenggarakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

     

    C.     TANGGUNG JAWAB    :

    1. Tersusunnya perencanaan Dinas;

    2. Terumuskannya kebijakan umum dan teknis operasional di bidang Bina Program, Rehabilitasi sosial, Pemberdayaan sosial, Asistensi dan Jaminan Sosial;

    3. Terselenggaranya urusan pemerintahan bidang sosial;

    4. Terbinanya pelaksanaan tugas pelayanan sosial;

    5. Terbinanya pengelolaan UPTD dan institusi pelayanan sosial;

    6. Terbinanya pengelolaan urusan kesekretariatan/ketatausahaan Dinas;

    7. Terselenggaranya pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di bidang sosial;

    8. Terwujudnya keteraturan, kelancaran dan ketepatan waktu dalam pelaksanaan tugas.



    2.     NAMA JABATAN             :     SEKRETARIS

     

    A.     TUGAS POKOK DAN FUNGSI    :

    Sekretaris mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan pengkoordinasian penyiapan bahan penyusunan perencanaan, penatausahaan urusan keuangan, kepegawaian dan umum, dan pengkoordinasian penyelenggaraan tugas Dinas.

    Untuk melaksanakan tugas tersebut,  Sekretaris  mempunyai fungsi  :

    1. penyiapan bahan penyusunan rencana kerja;

    2. penyiapan bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional kesekretariatan/ ketatausahaan;

    3. pengkoordinasian penyusunan perencanaan Dinas;

    4. pengkoordinasian penyiapan bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional di bidang Bina Program, Rehabilitasi sosial, Pemberdayaan sosial, Asistensi dan Jaminan Sosial;

    5. pengkoordinasian penyelenggaraan tugas Dinas;

    6. penyiapan bahan bimbingan dan pengendalian teknis Dinas;

    7. pengkoordinasian penyusunan laporan penyelengaraan tugas Dinas;

    8. pengelolaan urusan keuangan, kepegawaian dan umum;

    9. pelaksanaan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan urusan kesekretariatan.

     

    B.    URAIAN TUGAS    :

    1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana kerja;

    2. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional kesekretariatan/ ketatausahaan;

    3. Melaksanakan pengkoordinasian penyusunan perencanaan Dinas;

    4. Melaksanakan pengkoordinasian penyiapan bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional di bidang Bina Program, Rehabilitasi sosial, Pemberdayaan sosial, Asistensi dan Jaminan Sosial;

    5. Melaksanakan pengkoordinasian penyelenggaraan tugas Dinas;

    6. Melaksanakan koordinasi dan pengelolaan urusan keuangan, kepegawaian dan umum;

    7. Melaksanakan pengkoordinasian penyusunan laporan penyelenggaraan tugas Dinas;

    8. Menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan urusan kesekretariatan/ketatausahaan serta menyajikan alternatif pemecahannya;

    9. Mendistribusikan tugas kepada bawahan agar pelaksanakan tugas berjalan sesuai dengan proporsi masing-masing;

    10. Memberikan motivasi dan penilaian kepada bawahan guna meningkatkan prestasi, dedikasi dan loyalitas bawahan;

    11. Melaksanakan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;

    12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan paraturan perundang-undangan yang berlaku.



    C.     TANGGUNG JAWAB      :

    1. Tersedianya bahan penyusunan rencana kerja;

    2. Tersedianya bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional kesekretariatan/ketatausahaan;

    3. Terlaksananya koordinasi penyusunan perencanaan Dinas;

    4. Tersedianya bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional di bidang Bina Program, Rehabilitasi Sosial, Pemberdayaan Sosial, Asistensi dan Jaminan sosial;

    5. Terkoordinasikannya penyelenggaraan tugas Dinas;

 

Kepala DINSOS Kab.Tegal


Profile Kadinsos

Agenda Dinsos

Desember, 2017

S S R K J S M
27 28 29 30 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
1 2 3 4 5 6 7
Agenda :

Bank Data

Link Terkait